Kepada Anak SD, Mahasiswa UPGRIS Ajari Gosok Gigi dan Cuci Tangan

AS

Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang adakan penyuluhan dan praktik gosok gigi serta cuci tangan yang baik dan benar di SD Negeri Wonosalam Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak pada Jumat (07/02/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 2 SD dengan jumlah 18 siswa. Masing-masing siswa membawa sikat gigi dan cangkir yang digunakan untuk praktik menggosok gigi. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mencuci tangan. 

Kegiatan ini diawali dengan melakukan penyuluhan terlebih dahulu di ruang kelas  dengan penayangan video animasi kartun tentang tata cara menggosok gigi, cuci tangan, dan  bahayanya tidak menggosok gigi dan cuci tangan.  

Koordinator Bidang Kesehatan, Iis Nur Wahyuni mengatakan, kegiatan penyuluhan gosok gigi dan cuci tangan ini sangat penting untuk siswa SD supaya mereka memahami dan tahu kapan dan bagaimana cara menggosok gigi serta cuci tangan yang benar. Maka dari itu kegiatan ini didesain santai dan riang agar para siswa merasa senang. 

“Penyuluhan ini perlu diadakan karena kurangnya pemahaman tentang cara menggosok gigi dan cuci tangan yang benar. Adanya penyuluhan di setiap sekolah ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran sejak dini untuk selalu membiasakan gosok gigi dan cuci tangan yang baik dan benar,” Ujar Iis Nur Wahyuni. 

Antusias siswa yang tinggi terlihat ketika mereka mempraktikkan secara langsung cara mencuci tangan yang benar. Ditambah lagi dengan adanya pembagian 1 set sikat gigi gratis membuat siswa lebih semangat dalam mempraktikkan cara menggosok gigi yang sudah diajarkan di kelas.

Zidni Lutfal Ulya, salah satu siswa kelas 2 SD Negeri Wonosalam mengatakan bahwa kegiatan gosok gigi dan cuci tangan ini asyik dan menyenangkan. Kepala SD Negeri Wonosalam, Sarwo Edy mengapresiasi adanya penyuluhan gosok gigi dan cuci tangan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang

“Penyuluhan ini sangat bagus dan siswanya pun merasa senang dengan media yang digunakan sehingga mereka paham tentang tata cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar,” ujarnya usai kegiatan. 

Harapannya, setelah penyuluhan gosok gigi dan cuci tangan para siswa lebih rajin dan menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.


Sumber: Ayosemarang.com

Comments

Popular posts from this blog

Sidang Kali Ini Ratna Sarumpaet Gandeng Fahri Hamzah Sebagai Saksi

Bahar Bin Smith Berikan Komentar Dengan Nada Mengancam

Karena Narkoba, Steve Emmanuel Dituntut JPU 13 Tahun Penjara