Alasan Ditutupnya Gunung Merbabu Menanti Tahun Baru 2020


Jalur pendakian ke puncak Gunung Merbabu akan ditutup saat Tahun Baru 2020. Jonan Styawan selaku Kepala Tata Usaha (TU) Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) yang mengatakan penutupan sementara Gunung Merbabu.

Penutupan sementara tersebut dikarenakan adanya kebakaran yang terjadi di beberapa bulan yang sudah menyebabkan kerusakan lingkungan yang cukup parah. Kebakaran tersebut sudah membakar 650 hektare lahan hutan dan merusak habitat yang ada di kawasan tersebut.

"Untuk sementara waktu, jalur pendakian Gunung Merbabu ditutup," jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa (31/12/2019).

Ia menambahkan, pendakian Gunung Merbabu sebenarnya sudah ditutup sejak beberapa bulan yang lalu. Selain kebakaran, ditutupnya Gunung Merbabu juga disebabkan oleh kondisi alam dan cuaca yang tak bersahabat.

"Ini demi kenyamanan pengunjung sendiri. Kalau nanti ada apa-apa di gunung bisa bahaya," katanya.

Warga Semarang Adi Mungkas dan lima temannya yang awalnya berniat untuk mendaki Gunung Merbabu saat tahun baru mengurungkan niatnya. Walau plan tersebut sudah direncanakan sejak tiga bulan yang lalu, ia lebih memilih mendaki Gunung Ungaran untuk menyambut Tahun Baru.

Menurutnya, selain lebih aman, Gunung Ungaran dianggapnya lebih dakat dengan tempat tinggalnya walau saat tiba di Gunung Ungaran para pendaki sudah banyak mengantri.


"Saya sudah tau pasti akan banyak tumpukan pengunjung. Soalnya Gunung Merbabu dan Selamet ditutup," katanya.


Sumber: Akurat.co

Comments

Popular posts from this blog

Sidang Kali Ini Ratna Sarumpaet Gandeng Fahri Hamzah Sebagai Saksi

Bahar Bin Smith Berikan Komentar Dengan Nada Mengancam

Karena Narkoba, Steve Emmanuel Dituntut JPU 13 Tahun Penjara